DAFTAR TULISAN

PERMISI SEBENTAR

PERMISI SEBENTAR
ADMIN sedang INTENSIF untuk UNAS

Recent Comments

Senin, 03 Mei 2010

Dofollow atau Nofollow

Apa itu DoFollow? Apa itu NoFollow? Pada dasarnya dofollow atau nofollow adalah perintah dari author ( Pemilik blog ) yang memerintahkan Google Bot untuk mengcrawl atau tidak pada post comment yang ada dalam blog kita. Mudahnya :
  • Pada DoFollow, kita memerintahkan google bot untuk mengcrawl post comment dari pembaca yang ada pada blog kita, sehingga setiap ada link pada comment tersebut, google akan menganggap link tersebut penting, dan menjadikannya sebagai backlink.
  • Sedangkan pada NoFollow, kita memerintahkan google bot untuk tidak mengcrawl post comment sehingga apapun link yang ada dalam post comment dari pembaca tidak dihiraukan oleh google bot dan dianggap hanya link pengenal (biasa saja).
Apa sih keuntungan dan kerugian DoFollow NoFollow?
  • Pada blog DoFollow, karena pada post comment suatu link dianggap penting oleh google bot dan dijadikan backlink, blog sejenis DoFollow ini sering diburu para Pemburu Backlink dan PageRank karena mereka akan mendapatkan free backlink ( tanpa exchange / tukar link ). Apa lagi blog tersebut ber PR tinggi... Wah... Dari hal tersebut Keuntungan pertama untuk pemilik blog DoFollow adalah meningkatnya traffic / kunjungan. Dan Kedua, Blog tersebut akan kebanjiran comment yang bertaburan link. Pokoknya Blog tersebut akan menjadi ramai deh... Namun biasanya pengunjung disini hanya ingin mencari free backlink saja (bukan pembaca setia).
  • Namun pada segi kerugian, ada orang yang menganggap "dofollow tidak merugikan, hanya saja akan banyak spam comment". Ada lagi yang mengatakan "pada blog dofollow, Link akan bertebaran dalam post comment, sehingga point yang didapat blog author untuk meraih PR akan dibagi terhadap link yang bertebaran tersebut, dengan kata lain PR Blog tersebut menjadi menurun". 

  • Pada blog  yang ber-rel=nofollow, untuk keuntungannya, blog tersebut akan memiliki pembaca yang setia untuk tulisan - tulisan author, jadi bukan hanya untuk mencari traffic atau backlink saja, namun mereka menghargai tulisan - tulisan author, dan menanggapinya secara positif. Meskipun pembaca - pembaca tersebut tidak sebanyak pada blog DoFollow
  • Untuk kerugiannya aQ rasa blog ber-rel=NoFollow tidak memiliki kerugian yang berarti, hanya saja untuk menaikkan traffic maupun Page Rank membutuhkan lebih usaha dari pada blog DoFollow.
Perlu diketahui, bahwa default setting untuk post comment pada blogger adalah ber-rel=nofollow. Dari dakta dan opini diatas, kalian bisa memutuskan masa depan untuk blog anda. (Weh.. Masa depan..! ).
Untuk melihat status / rel pada sebuah blog, kalian bisa lakukan dengan mudah, pada Postingan selanjutnya
Udah Dapet Informasi? Luangkan sedikit waktu anda untuk melakukan hal yang bermanfaat,,. Masuk HomePage Atau Langsung Klik Disini. Terima Kasih.


Comments :

6 komentar to “Dofollow atau Nofollow”

wahh...mantap artikelnya sob...lanjut trus...

ilmu kita-kita mengatakan...
on 

Mantap nih sob informasinya....BEnar banget tuh sob semuanya ada untung ruginya tinggal kita mau milih yang mana...

Bisnis Simpel di Internet mengatakan...
on 

WAH . . .
MASIH BINGUNG PILIH YANG MANA !???

Agung X-Zeg Indraguna mengatakan...
on 

pengen paham masalah nofollow dengan dofollow ini

Mug Digital mengatakan...
on 

assalamualaikum,...

terimakasih banyak ya kk infonya bermanfaat bgt buat bloger pemula seperti saya, dari kemarin muter2 i google nemu juga infonya.

mksd saya kesini adalah untuk memperluas tali silaturahim sesama blogger, saya akan follow blog kk, jika kk tidak keberatan saya tunggu follow baliknya ya.... :)

Fuji's Blog mengatakan...
on 

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya

anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi

anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada

waktu saya akan berkunjung lagi.

ditunggu kunjungan baliknya :D


#Semoga sehat selalu :D

Darmawan Saputra mengatakan...
on 

Posting Komentar

Terimakasih atas semuanya.
Berilah komentar yang membangun, and No Spam.
Komentar yang bernada spam dengan terpaksa akan kami hapus.